Tujuan Menulis yang Harus di Ubah

Keyboard Menulis

Intropeksi Diri

Kadang kala kita berfikir bahwa kegiatan menulis hanya sebuah kegiatan yang tidak penting bagi diri apalagi orang lain. Bahkan sekilas seakan-akan tidak ada gunanya. Akan tetapi ketika kita menengok orang-orang besar, para penemu, profesor, sampai presiden, mereka semua punya catatan dalam bentuk tulisan. Hal itulah yang menjadi motivasi sehingga timbul keinginan untuk mengubah mindset untuk melanjutkan kegiatan menulis. Pertama yang harus dilakukan adalah intropeksi diri. Menulis menjadi tidak penting ketika kita tidak mempunyai tujuan atau memiliki tujuan tetapi masih samar-samar. Maka perlu memantabkan tujuan dalam menulis. Pada saat semangat menurun untuk menulis, dengan mengingat tujuan, bisa menhjadikan motivasi untuk memulai lagi kegiatan menulis.

Bukti bahwa Menulis itu Penting untuk Masa Depan
Mari kita bersama mengubah pola pikir kita bahwa menulis merupakan hal yang sangat penting. Coba bayangkan apabila para ilmuwan tidak menuangkan ide pemikirannya dalam bentuk tulisan, pasti kemajuan teknologi tidak akan semaju sekarang. Nikola Tesla dengan penemuannya Medan Magnet yang Berputar yang ditulisnya dalam majalah Electrical Experimenter pada tahun 1919, menjadikan penemuannya itu bisa dipelajari dan dukembangkan ilmuan zaman sekarang. Selain itu menulis juga bisa mengungkap sebuah sejarah yang tidak diketahui sebelumnya. Contohnya Prasasti Kalasan yang ditulis menggunakan huruf Pranagari (India Utara) dengan bahasa Sanskerta. Karena tulisan yang ada dalam prasasti tersebut kita bisa tahu bahwa para guru raja Sailendra berhasil memperoleh persetujuan Maharaja Dyah Pancapana Panamkarana (Kariyana Panamkarana) atas permintaan keluarga Sailendra, untuk membangun bangunan suci bagi Dewi Tara dan sebuah biara bagi para pendeta (tahun 700 Saka atau 778 M). Dua contoh diatas cukup membuktikan bahwa begitu pentingnya sebuah tulisan. Bahkan dari tulisan di masa lalu dapat mengubah dunia pada saat ini. Maka dari itu, cerita di atas bisa kita gunakan untuk motivasi diri dalam menulis.

Mulailah Menulis
Tulisan yang bisa mengubah dunia adalah tulisan yang berkualitas. Tetapi hal tersebut jangan menjadikan kita untuk berhenti menulis. Tujuan kita jangan muluk-muluk. Tujuan kita hanya sekedar menulis sesuatu yang bisa bermanfaat untuk diri sendiri dan orang disekitar kita. Walaupun begitu kualitas tulisan kita pun harus diperhatikan. Minimal menggunakan bahasa yang baik dan mudah dipahami. Untuk persiapan dalam menulis dibutuhkan ide yang brilian sebelum melakukan penulisan. Dengan ide-ide ini yang kemudian dituangkan dengan bahasa baik dan mudah dipahami, menjadikan tulisan kita bisa bermanfaat bagi pembaca. Ketahuilah bahwa para penulis handal pada saat ini pernah menjadi penulis newbie atau pemula. Jadi jangan minder dulu sebelum memulai menulis. Kualitas tulisan bisa kita perbaiki sambil jalan. Jadi tetap semangat walaupun tulisan kita masih acak-acakan.

Kata-kata Terakhir
Jadilah penulis yang mendunia. Jika tidak bisa, menulislah untuk diri sendiri, karena bisa jadi anak cucumu nanti akan membaca perjalanan hidupmu melalui tulisanmu.
Tujuanku kini: menjadikan menulis sebagai kegiatan yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang di sekitar.

Previous
« Prev Post
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar