Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Kunci Jawaban Soal Online

Dalam pembuatan soal online menggunakan Google Form kita bisa memasukkan skor/poin dan kunci jawaban ke dalam masing-masing soal. Tujuan memasukkan poin, supaya pembuat soal dan siswa bisa mengetahui hasil skor yang didapat setelah siswa mengerjakan soal online. Sedangkan tujuan menentukan kunci jawaban adalah untuk dasar penentuan skor hasil pekerjaan siswa, jika jawaban sesuai kunci jawaban, maka benar dan mendapat poin sesuai dengan poin yang telah ditentukan, tetapi jika tidak sesuai kunci jawaban, maka jawaban salah dan mendapat skor 0. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan kunci jawaban.
  • Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat kunci jawaban soal pilihan ganda: dalam pembuatan soal pilihan ganda tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari pekerjaan siswa nantinya, karena kunci jawaban yang kita buat sudah pasti itu jawabannya. Siswa tinggal memilih salah satu jawaban yang benar. Jika siswa memilihnya benar, pasti hasilnya juga benar. Bila jawabannya salah sudah pasti salah. Jadi kita tidak perlu khawatir tentang jawaban siswa nantinya. 
  • Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat kunci jawaban soal isian: Berbeda dengan soal pilihan ganda. Kita harus berhati-hati dalam membuat kunci jawaban dalam aplikasi google form ini, karena akan berakibat fatal pada hasil pekerjaan siswa. Walaupun jawaban benar, bisa jadi hasil pekerjaan siswa menjadi salah. Jadi, guru sebagai pembuat soal dalam pengetikan kunci jawaban harus berhati-hati. Lebih jelasnya perhatikan contoh berikut. Misalnya kita membuat soal "Siapakah nama presiden pertama Indonesia?" kemudian kita membuat kunci jawaban "Sukarno" (tanpa ada spasi di depan maupun di belakang). Karena dalam pengerjaan soal isian ini siswa mengetik sendiri jawaban, kadang siswa menjawab dengan benar yaitu "Sukarno " (dengan ditambah spasi di belakang kata Sukarno) maka yang terjadi pada jawaban siswa adalah salah (padahal jawabannya benar). Jadi hasil pekerjaan siswa menjadi salah hanya gara-gara kelebihan ketikan satu spasi. Tentunya ini sangat merugikan siswa. Kemudian ada lagi siswa lain yang mengetik jawabannya "Ir. Sukarno" di aplikasi jawabanya pasti salah walaupun sebenarnya jawannya benar. Penyebabnya adalah tidak sesuai dengan kunci jawaban yang diinputkan ke aplikasi google drive (tambahan Ir. dianggap salah). Bahkan jika siswa mengetik jawabannya beda huruf kapital dan tidak, itupun akan mempengaruhi hasil pekerjaan siswa. Misalnya siswa menjawab "sukarno", jawaban tersebut menjadi salah karena kunci jawabannya huruf "S" nya menggunakan huruf kapital. Solusinya: Ketika guru menginputkan kunci jawaban harus sebih dari satu opsi. Guru harus bisa memperkirakan jawaban siswa yang dianggap benar. Misalnya kunci jawabannya lebih dari satu yaitu "Sukarno", "Sukarno ", "Sukarno ", "Insinyur Sukarno", "Ir. Sukarno", Ir. Sukarno", dst sesuai kebijakan guru. Lihat gambar contoh input kunci jawaban soal isian di bawah!
    contoh kunci jawaban isian
  • Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat kunci jawaban soal uraian: Jika kita lihat penjelasan tentang soal isian begitu ribetnya, maka soal uraian akan lebih ruwet jika diberi poin per soal. Solusinya: pada soal uraian dikoreksi secara manual saja dengan cara membaca jawaban siswa yang terkirim di google form. Jadi tidak untuk soal uraian tidak perlu diberi poin/skor. Supaya siswa tidak kecewa, diberi penejelasan bahwa soal uraian dinilai secara manual.
Terimakasih telah membaca Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Kunci Jawaban Soal Online Google Form. Jika sahabat merasa postingan ini bermanfaat silahkan dishare.

Previous
« Prev Post
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar