Pemahaman Bacaan, Tersurat, Tersirat

Masyonow.web.id - Pemahaman Bacaan - Teks dapat berupa pidato, wawancara, iklan, dan laporan. Teks atau bacaan berisi informasi tersurat dan tersirat. Informasi tersurat adalah informasi yang dikutip langsung dari bacaan. Informasi tersirat merupakan informasi yang tidak dikutip langsung dari bacaan. Informasi tersirat dapat diperoleh setelah kita memahami keseluruhan isi bacaan.

Informasi tersurat berupa:

  • Kalimat utama paragraf. Kalimat utama adalah kalimat yang berisi inti atau gagasan utama suatu paragraf. Pada umumnya, kalimat utama didukung dengan kalimat penjelas. Kalimat utama biasanya terletak di awal atau di akhir paragraf.
  • Kalimat penjelas paragraf. Kalimat penjelas adalah uraian mengenai kalimat yang berisi penjelasan atau rincian kalimat utama dalam suatu paragraf. Kalimat penjelas biasanya bersifat khusus. Dengan demikian, kalimat tersebut harus menjelaskan secara rinci mengenai topik yang dibicarakan.
  • Ide pokok paragraf. Dalam suatu paragraf hanya terdapat suatu ide pokok. Ide pokok adalah inti suatu paragraf. Ide pokok biasanya terkandung dalam kalimat utama. Akan tetapi, ide pokok tidak disajikan secara utuh, melainkan hanya inti sari kalimat utama.
  • Kata tanya untuk menggali informasi bacaan. Ada enam kata tanya yang dapat digunakan untuk menemukan isi bacaan yaitu Apa, Siapa, Kapan, Di mana, Mengapa, dan Bagaimana. (1) Apa, untuk menannyakan hal atau peristiwa. (2) Siapa, untuk menanyakan orang atau pelaku. (3) Kapan, untuk menannyakan waktu. (4) Di mana, untuk menanyakan tempat. (5) Mengapa, untuk menannyakan sebab. (6) Bagaimana, untuk menannyakan keadaan atau cara.
Informasi tersirat berupa:
  • Simpulan paragraf. Simpulan diambil dari keseluruhan isi bacaan. Simpulan berisi hasil akhir dari uraian yang disampaikan.
  • Topik percakapan berisi pokok permasalahan yang dibahas dalam percakapan. Percakapan yang tertulis disebut teks percakapan. Teks percakapan memuat pertanyaan, pernyataan, tanggapan, dan saran yang berhubungan dengan topik percakapan tersebut.
Kata kunci: tersirat, tersurat, kalimat utama, kalimat penjelas, ide pokok, kata tanya, 5W 1H, simpulan, topik

Previous
« Prev Post
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar