Uji Hafalan Perkalian Kamu di Sini

Masyonow.web.id - Uji Hafalan Perkalian Kamu di Sini. Dengan aplikasi ini kamu bisa menguji seberapa hafal kamu dalam perkalian 1 sampai dengan 100. Aplikasi ini menggunakan platform Google Formulir. Kelebihan aplikasi ini yaitu, setelah kamu mengerjakan soal-soal, kamu dapat langsung melihat hasilnya. Jika kamu benar semua dalam menjawab soal, nilai kamu seratus. Apabila ada yang salah maka kamu dapat langsung melihat berapa jumlah skor/nilai dan mengetahui letak kesalahanmu. Selain itu, apabila jawaban kamu salah, akan ditunjukkan jawaban yang benar. Jadi setelah mengerjakan kamu bisa mengerjakannya lagi dengan tanpa mengulangi kesalahan. Form ini terdiri dari dua bagian yaitu bagian pengisian identitas dan bagian soal. Soal-soal perkalian akan muncul setelah kamu mengisi identitas dan menekan tombol berikutnya.

Namun sebelumnya, sekedar mengingatkan tentang perkalian bahwa perkalian adalah operasi matematika penskalaan satu bilangan dengan bilangan lain. Sederhanya perkalian merupakan penjumlahan berulang. Operasi ini adalah salah satu dari empat operasi dasar di dalam aritmetika dasar (yang lainnya adalah perjumlahan, perkurangan, dan perbagian).

Perkalian terdefinisi untuk seluruh bilangan di dalam suku-suku perjumlahan yang diulang-ulang; contohnya, 3 dikali 4 (sering kali dibaca "3 kali 4") dapat dihitung dengan menjumlahkan 3 salinan dari 4 bersama-sama:

3 x 4 = 4 + 4 + 4 = 12

Walaupun demikian, dengan struktur gramatikal yang berbeda, Sekolah Dasar di Negara Jepang mengajarkan perkalian dengan kesepakatan yang sebaliknya berbeda yang dijabarkan berikut:

3 x 4 = 3 + 3 + 3 +3 = 12

Secara Matematika, penulisan 3 x 4 = 4 + 4 + 4 = 12 atau penulisan 3 x 4 = 3 + 3 + 3 +3 = 12 keduanya adalah benar.

Perkalian bilangan rasional (pecahan) dan bilangan real didefinisi oleh perumuman gagasan dasar ini.

Perkalian dapat juga digambarkan sebagai pencacahan objek yang disusun di dalam persegi panjang (untuk semua bilangan) atau seperti halnya penentuan luas persegi panjang yang sisi-sisinya memberikan panjang (untuk bilangan secara umum). Balikan dari perkalian adalah perbagian: ketika 3 kali 4 sama dengan 12, maka 12 dibagi 3 sama dengan 4.

Perkalian diperumum ke jenis bilangan lain (misalnya bilangan kompleks) dan ke konstruksi yang lebih abstrak seperti matriks.

Kamu juga harus ingat tentang sifat-sifat perkalian pada bilangan bulat.

  • Sifat komutatif perkalian: Mengganti urutan dari faktor perkalian tidak akan mengubah hasil perkalian. Contohnya, 4 x 3 = 3 x 4
  • Sifat asosiatif perkalian: Mengubah pengelompokan dari faktor perkalian tidak akan mengubah hasil perkalian. Contohnya, (2 x 3) x 4 = 2 x (3 x 4)
  • Sifat identitas perkalian: Hasil perkalian dari 111 dengan bilangan lain adalah bilangan itu sendiri. Contohnya; 7 x 1 = 7

Silahkan dikerjakan soal-soalnya melalui aplikasi di bawah ini. [atau langusng di form]. Perlu diperhatikan bahwa dalam mengerjakan perkalian jangan menggunakan alat bantu apapun, termasuk kalkulator. Kamu harus yakin dengan kemampuan hafalanmu.



Kerjakan!

Kerjakan Perkalian

Kata kunci: latihan perkalian, aplikasi perkalian, ujian perkalian, hafalan perkalian.


Previous
« Prev Post
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar