Langkah Awal Pembuatan Soal Online Menggunakan Google Form

Logo Google Form

Masyonow.web.id - Untuk membuat soal-soal online sebagai tugas di rumah, guru memerlukan media yang dapat diakses dengan mudah. Selain itu dalam pembuatan soalpun sangat mudah untuk dilakukan. Media yang dapat digunakan untuk membuat tugas online salah satunya adalah menggunakan google form. Kelebihan menggunakan google form yaitu mudah dioperasikan untuk pembuatan soal dan penilaian langsung bisa dimunculkan setelah siswa mengerjakan. Setelah siswa mengerjakan guru secara otomatis mendapat laporan hasil penilaian dari soal-soal yang telah dilaksanakan oleh siswa.

Saya sendiri sudah melaksanakan pembelajaran online sejak tanggal 17 Maret 2020 ketika siswa belajar dirumah dikarenakan adanya pandemi Covid 19. Dengan menggunakan google form ini siswa dapat mengerjakan soal-soal yang sudah kami buat secara online melalui perangkat android mereka.

Sekarang bagaimana cara membuat soal online menggunakan google form ini? Untuk pembuatannya kita bisa membaca penjelasan di bawah ini.
  • Langkah Awal Pembuatan Soal Online Menggunakan Google Form; pastikan kita mempunyai akun google terlebih dahulu.
  • Jika sudah memiliki akun google; kita bisa langsung masuk ke Google Drive untuk persiapan pembuatan soal online.
  • Biasanya kalau belum login, anda akan diarahkan ke akun google, kemudian klik kunjungi google drive di sebelah pojok kanan atas. 
    Halaman Depan Google Drive
  • Isikan email gmail, password, kemudian anda akan di arahkan ke google drive. 
    Halaman Login Google
  • Setelah berada di halaman google drive, kita siap untuk persiapan selanjutnya dalam membuat soal online.
  • Untuk membuat soal klik + NewMore/SelanjutnyaGoogle FormsBlank Form
    New Google Form
  • Sekarang kita telah siap untuk membuat soal online.
    Siapkan Soal
  • Supaya bisa menampilkan nilai secara otomatis silahkan masuk ke seting dan klik tab Quizzes (aktifkan Make this a quiz) kemudian save.
    Aktifkan Quiz
  • Ketik soal dan jawaban pada add optional (jika bentuk soal pilihan ganda). 
    Petunjuk
  • Keterangan diatas: (1) Judul Soal; (2) Deskripsi; (3) Soal; (4) pilih bentuk soal; (5) Jawaban pilihan ganda; (6) Poin/skor per soal; (7) Aktifkan jika inginkan siswa wajib jawab; (8) Menambahkan soal baru.
Sampai di sini dulu penjelasan singkat tentang Langkah Awal Pembuatan Soal Online Menggunakan Google Form, untuk penjelasan lebih lengkap sahabat bisa baca Cara Membuat Soal Online Pilihan Ganda Isian dan Uraian Google Form di halaman beikutnya.
Previous
« Prev Post
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar